Tips Cara membersihkan Granit Kusam Agar Kembali Berkilau - Jogja Marmer, Jogja Granit, Marmer Yogyakarta, Lantai Granit, Ubin Marmer, Motif Marmer pada Pilar
true

Tips Cara membersihkan Granit Kusam Agar Kembali Berkilau

Cara membersihkan granit kusam dapat dilakukan dengan berbagai langkah variatif. Kini banyak orang yang menjadikan granit sebagai pilihan konstruksi rumah mereka karena memeiliki tampilan yang menarik dan menampilkan sisi mewah dan elegan sebuah ruangan atau rumah yang didesain dengan batu granit. Kilau alami granit yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya ternyata juga dapat mengalami kekusaman setelah beberapa waktu pemasangan. Kusamnya granit dapat muncul karena beberapa penyebab seperti banyaknya gesekan yang terjadi sehinga mengakibatkan goresan pada permukaan lantai granit, tkebersihan tidak dijaga dengan baik dan secara optimal.
Berbagai Cara Membersihkan Granit Kusam yang Bisa Dilakukan
Tampilan berbagai konstruksi rumah yang terbuat dari granit seperti lantai, dinding, meja atau perabot lainnya sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika granit menjadi kusam, maka sisi artistik dan keindahan granit menjadi semakin berkurang. Untuk itu, menjaga kebersihan dan merawat granit adalah hal yang wajib dilakukan secara berkala. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai cara merawat batu granit supaya tampilannya tetap berkilau dan berkelas.
-          Gunakan kain yang bertestur halus
Granit merupakan salah satu jenis batu alam yang dijadikan sebagai bahan bangunan yakni lantai, dinding dan perabot rumah. Granit memiliki sifat sensitif yang cukup tinggi sehingga mudah terpengaruh dengan beberapa hal yang membuatnya cepat mengalami kekusaman jika tidak mendapat perlakukan perawatan yang baik dan benar. Untuk menjaga lantai selalu higienis setiap hari, sebaiknya granit dibersihkan dengan lap basah. Jika tidak mempunyai cairan pembersih khusus, air bersih saja tanpa campuran apapun daat digunakan untuk membebaskan granit dari debu setiap harinya. Yang paling penting adalah penggunaan kain yang memiliki tekstur halus untuk proses pembersihan ini. kain halus tidak akan menimbulkan gesekan ataupun goresan di atas permukaan granit yang dapat membuatnya semakin cepat kusam. Contoh kain halus yang dapat digunakan yang paling tepat adalah kanbo atau kain halus lainnya.
-          Gunakan cairan khusus untuk membersihkan granit
Apabila granit terkena noda seperti minyak, tinta, kuah atau yang lainnya, cara membersihkan granit dari noda tersebut adalah dengan mengepelnya menggunakan cairan pembersih khusus. Pembersih khusus granit kini telah banyak tersedia di toko-toko dalam bentuk cairan serta serbuk. Pembersih khusus granit ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memeiliki kadar PH netral sehingga dapat memebrsihkan noda pada granit secara maksimal tanpa mengikis atau merusak permukaan granit. Pembersih granit yang baik ialah yang tidak mengandung asam yang bersifat abrasif. Gunakan kain halus saat proses pembersihannya dan lakukan sesuai takaran serta petunjuk pemakaian yang terdapat pada kemasan. Jika perlu, untuk memastikan apakah produk dapat bekerja dengan baik dan aman atau tidak, lakukan tes kecil dengan mengoleskan pada sebagian kecil lantai granit dan setelah beberapa waktu lihat apakah memberikan efek negatif atau tidak.
-          Melakukan pemolesan secara rutin
Tidak cukup hanya menjaga kebersihan lantai granit saja, namun cara menjaga kualitas granit dapat dilakukan dengan cara melakukan pemolesan sekurang-kurangnya setiap satu kali dalam dua bulan. Pemolesan dilakukan dengan tujuan daat menjaga kualitas dan kilap granit menjadi lebih tahan lama. Granite sealer atau cairan pemoles granit yang mampu bekerja secara maksimal dan aman adalah yang terbuat dari bahan dasar air. Apabila melakukan proses poles secara rutin, maka lantai granit akan lebih tahan kilap meskipun terkena tumpahan kuah atau ssu.
-          Berilah keset berkualitas pada setiap akses masuk
Cara membersihkan granit agar kinclong selain pembersihan dan pemolesan juga dapat dilakukan dengan menempatkan keset atau alas kaki sebagai sarana membersihkan kaki dari debu dan kotoran lain di setiap pintu alkses masuk rumah. Hal ini akan bekerja sangat efektif dalam meminimalisir masuknya debu, pasir serta kotoran lain dari luar rumah yang dapat menimbulkan goresan sehingga membuat granit menjadi cepat kusam. Efek positif selain dapat membebaskan lantai granit dari gesekan debu atau pasir dari luar yang membuat goresan pada granit, meletakkan keset pada setiap pintu masuk juga dapat mengurangi masuknya kuman yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
-          Hindari peletakkan perabot dengan alas tajam
Gesekan merupakan ancaman kusam yang paling sering terjadi pada granit yang mengurangi kadar kilapnya dengan cepat. Untuk itu, jangan letakkan barang atau benada yang memiliki permukaan alas yang tajam atau kasar karena dapat menimbulkan goresan dan gesekan. Jika terpaksanya Anda memiliki perabot dengan alas yang permukaannya kasar atau bahkan tajam, maka berilah alas kain halus atau busa supaya dapat meminimalisir gesekan yang terjadi antara alas tersebut dengan permukaan lantai granit. Kemudian jangan terlalu sering dalam membuat gesekan pada perabot tersebut dengan memindah-mindahkan tempat dengan intensitas sering.

Demikianlah beberapa tips merawat dan cara membersihkan granit kusam yang dapat dengan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat!
Tips Cara membersihkan Granit Kusam Agar Kembali Berkilau

Post a Comment

About Us

JOGJA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *