Model Batu Nisan Kuburan Kristen yang Terbuat dari Marmer - Jogja Marmer, Jogja Granit, Marmer Yogyakarta, Lantai Granit, Ubin Marmer, Motif Marmer pada Pilar
true

Model Batu Nisan Kuburan Kristen yang Terbuat dari Marmer

Model batu nisan kuburan Kristen ada beragam, beberapa diantaranya menggunakan batu nisan dari marmer. Hal ini dilakukan karena memang batu marmer memiliki karakteristik tersendiri yang cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat batu nisan. Berikut ini adalah karakteristik marmer sebagai batu nisan.
Karakteristik Marmer sebagai Batu Nisan
Marmer adalah jenis baruan peralihan yang terbentuk dari fosil kapur. Selain mahal, marmer juga memiliki karakteristik tertentu yang menjadikannya fleksibel untuk difungsikan sebagai batu nisan, diantaranya:
  1. Marmer adalah bahan yang kuat
Karakteristik utama marmer adalah kekuatannya. Marmer adalah bahan yang kuat dan tidak mudah bengkok atau melengkung. Hal ini yang menjadikan marmer cocok untuk dijadikan bahan batu nisan.
  1. Memiliki sifat yang tahan lama
Marmer yang kuat akan lebih tahan terhadap iklim dan cuaca di luar ruangan. Hal ini menjadi alasan tersendiri mengapa marmer dijadikan bahan pembuatan batu nisan.
  1. Marmer mudah dipotong atau dibentuk
Sementara itu, marmer yang terbuat dari bahan batuan kapur yang terfosil memiliki serat yang tidak terlalu padat. Hal inilah yang membuatnya mudah dipotong. Marmer yang mudah dipotong juga tentu akan membuatnya mudah dibentuk.
  1. Marmer juga mudah diukir
Marmer yang seratnya longgar pun menjadi bahan yang mudah diukir. Sifat-sifat itulah yang dibutuhkan sebuah bahan agar bisa dijadikan batu nisan di pemakaman, mengingat dalam pemakaman tentu diperlukan ukiran nama sebagai penanda.
Ciri-ciri Pemakaman Kristen
Jenis pemakaman yang paling sering menggunakan batu marmer sebagai bahan utama pembuatan batu nisan adalah jenis pemakaman Kristen. Hal ini berkaitan dengan ciri-ciri pemakaman Kristen yang memiliki banyak model atau bentukan khas, sehingga membutuhkan sebuah bahan yang mudah dibentuk, diukir, dan dipotong. Ciri-ciri tersebut diantaranya.
  1. Bentukan salib
Ciri makam Kristen yang paling banyak ditemui adalah adanya bentukan salib. Bentukan salib yang terbilang sederhana ini biasanya dibuat dari bahan batu marmer. Marmer yang mudah dipotong akan mudah dibentuk dari batuan marmer.
  1. Ukiran nama dan ayat suci
Ciri makam Kristen selanjutnya adalah adanya ukiran berupa nama dan juga ayat suci. Batu marmer yang mudah diukir tentu bisa memenuhi kebutuhan akan ukiran ini. Biasanya beberapa monumen peringatan atau monumen pengesahan yang berupa ukiran juga menggunakan marmer.
  1. Keberadaan patung
Beberapa makam kristen ada juga yang dihiasi dengan patung-patung. Dan beberapa patung di pemakaman kristen memang dibentuk dari batu marmer. Hal ini berkaitan dengan sifat marmer yang mudah dibentuk dan dipahat. Di masa lalu, marmer juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan patung dan karya seni pahat lainnya.
  1. Model makam yang tinggi
Makam Kristen kadang juga memiliki ketinggian dari tanah dan dihiasi dengan batu-batuan. Beberapa di antaranya menggunakan marmer sebagai bahan pelingkup atau peninggi makam.
  1. Ada bentukan arsitektur
Ada juga model batu marmer nisan Kristen yang memberikan kesan bangunan kecil di bagian makam.
Model Batu Nisan Kuburan Kristen dari Marmer
Selain ciri-ciri di atas, ternyata ada beberapa model batu nisan Kristen yang bentuknya beragam, di antaranya:
  1. Piramida dari marmer
Model batu nisan kuburan dari marmer ini terbilang unik, karena terinspirasi dari makam para raja di Mesir. Marmer dibentuk menyerupai piramida dan diberi aksen salib di kanan dan kiri sisi. Sementara sisi bagian depan diberi ukiran nama sebagai penanda makam.
  1. Marmer berlukis
Beberapa makam unik Kristen menggunakan marmer untuk batu nisan. Marmer itu kemudian diberi lukisan-lukisan yang menggambarkan kehidupan manusia yang dilambangkan dengan lukisan kelahiran dan kematian.
  1. Marmer bentuk alfa
Ada bentukan nisan Kristen unik dari marmer yang berbentuk seperti huruf Yunani kuno alfa. Lambang alfa ini dipercaya sebagai simbol tradisional di agama Kristen.
  1. Marmer bentuk omega
Selain alfa, huruf Yunani omega juga ada yang diadaptasi menjadi bentukan nisan Kristen yang dibuat dari marmer.
  1. Nisan pilar marmer
Nisan yang megah dari marmer untuk pemakaman Kristen ada juga yang berbentuk seperti pilar-pilar romawi yang kokoh. Pembuatan pilar itu dari batu marmer, dan menyerupai pilar arsitektur kuno romawi.
  1. Salib timbul
Ada varian makam kristen yang menggunakan salib yang dipasang secara horizontal dan timbul di atas tanah. Biasanya salib tersebut juga dibuat dari bahan marmer. Selain marmer, biasanya bahan lain yang digunakan adalah beton semen, keramik, atau batuan lainnya.
  1. Salib berjajar vertikal
Selain salib timbul yang dipasang secara horizontal di atas permukaan tanah, ada juga jenis salib berjajar yang dipasang secara vertikal. Bahan yang digunakan adalah batu marmer yang diukir atau dilubangi dalam bentuk salib.
Itulah model batu nisan kuburan Kristen dari marmer yang bisa Anda jadikan sebagai Inspirasi.
Model Batu Nisan Kuburan Kristen yang Terbuat dari Marmer

Post a Comment

About Us

JOGJA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Hubungi kami