Motif Marmer pada Pilar dan Keunggulannya untuk Bangunan Rumah - Jogja Marmer, Jogja Granit, Marmer Yogyakarta, Lantai Granit, Ubin Marmer, Motif Marmer pada Pilar
true

Motif Marmer pada Pilar dan Keunggulannya untuk Bangunan Rumah

Motif marmer pada pilar ada beragam.,Bbberapa pilar dan elemen bangunan memang ada yang berfokus pada marmer sebagai bahan utamanya. Penggunaan batu marmer untuk pilar adalah berdasarkan alasan yang beragam. Diantaranya karena marmer memiliki keunggulan, salah satunya adalah memiliki motif yang alami dan berkesan mewah.

Berbagai Motif Marmer pada Pilar dari Asal Daerahnya
Beberapa motif batu marmer pada pilar adalah berdasarkan daerah penghasil atau pengolahannya, karena setiap daerah memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik tersebut menciptakan motif marmer yang berbeda juga. Adapun jenis motif marmer untuk pilar berdasarkan asal daerahnya dijelaskan sebagai berikut.
  1. Marmer jenis Bandung
Bandung adalah salah satu daerah di Indonesia penghasil marmer lokal yang cukup banyak. Marmer yang berasal dari Bandung ada juga yang dijadikan bahan baku pembuatan pilar. Karakteristik motif marmer Bandung adalah berwarna krem. Ada juga marmer Bandung yang memiliki warna dasar krem yang berpadu dengan serat-serat berwarna biru atau kuning. Tekstur marmer Bandung untuk pilar adalah keras, namun tampilan fisiknya sangat mengkilap.
  1. Marmer jenis Ujung Pandang
Marmer yang berasal dari Ujung Pandang adalah jenis marmer lokal yang juga dijadikan bahan baku pembuatan pilar. Sama dengan marmer jenis Bandung, marmer Ujung Pandang ini juga bertekstur keras dan permukaannya mengkilap. Warna motif pada marmer Ujung Pandang lebih mengarah pada warna dasar krem dengan guratan atau corak berwarna merah muda dan putih.
  1. Marmer jenis Poso
Marmer jenis Poso terbilang langka. Tidak banyak marmer yang dihasilkan oleh Poso. Padahal jenis marmer Poso cukup menarik, baik dari segi warna maupun corak. Jika dijadikan pilar, tentu pilar marmer dari Poso ini akan sangat berkesan. Marmer untuk pilar yang berasal dari Poso memiliki warna dasar krem dengan guratan bercorak sedikit kehijauan dan juga putih.
  1. Marmer jenis Lampung
Marmer jenis Lampung adalah marmer yang berasal dari kristalisasi batu kapur. Sedikit berbeda dengan marmer lainnya, marmer jenis Lampung ini kebanyakan memiliki warna dasar abu-abu dengan corak atau guratan putih. Ada juga marmer warna abu-abu tua sedikit kehitaman. Permukaannya mengkilap dengan tekstur yang transparan. Lapisannya kuat. Marmer jenis Lampung ini biasa dijadikan pilar dan juga penutup lantai.
  1. Marmer jenis Tulung Agung
Daerah Tulung Agung di Jawa Timur adalah salah satu daerah penghasil marmer lokal terbesar di Indonesia. Karakteristik marmer Tulung Agung adalah berwarna merah dengan corak atau guratan berwarna cokelat dan merah. teksturnya keras dan permukaannya mengkilap. Beberapa jenis pilar rumah atau gedung lainnya dibuat dari marmer Tulung Agung ini karena kekuatan dan kepadatannya.
Keunggulan Marmer untuk Pilar
Marmer adalah bahan yang mahal. Namun penggunaan marmer di bidang konstruksi tidak pernah menurun. Hal ini karena marmer memiliki banyak keunggulan. Termasuk jika digunakan sebagai bahan pelingkup pilar. Adapun kelebihan marmer untuk pilar diantaranya dijelaskan sebagai berikut.
  1. Mudah dibersihkan
Marmer adalah bahan batuan yang memiliki permukaan mengkilap dan juga kepadatan yang baik. Walau marmer memiliki daya serap terhadap air yang cukup tinggi, namun bahan marmer mudah sekali dibersihkan. Sehingga penggunaan marmer untuk bahan pelapis pilar sangat cocok digunakan. Apalagi pilar biasanya berada di bagian depan rumah dan cenderung tidak akan terkena noda membandel seperti noda makanan, noda minyak, atau noda tinta. Sehingga marmer sebagai pilar cenderung aman.
  1. Pilihan warna dan corak yang beragam
Marmer juga memiliki pilihan warna dan corak yang beragam. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, marmer lokal saja memiliki banyak varian warna dan corak yang bisa dipilih. Hal ini akan menguntungkan dari segi visual karena marmer sebagai pilar adalah salah satu elemen bangunan utama yang sering diperhatikan orang.
  1. Tahan lama
Marmer adalah bahan batuan alami yang terbentuk dari suhu dan tekanan yang tinggi. Tentu saja marmer akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan keramik yang dibentuk dan dibuat di pabrik. Marmer sebagai bahan bangunan, khususnya pilar akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan karena pada dasarnya marmer itu sendiri adalah bahan alami.
  1. Tahan panas
Marmer memiliki sifat anti konduktor, sehingga marmer lebih tahan terhadap panas. Tidak seperti keramik yang mudah memuai dan pecah jika terus menerus terkena panas matahari, marmer cenderung dingin dan bisa mengatur suhu. Penggunaan marmer sebagai bahan pilar tentu akan menguntungkan karena marmer tidak akan mudah memuai karena panas matahari.
  1. Tahan api
Bukan hanya tahan panas, marmer juga tahan api. Hal ini berkaitan dengan proses terbentuknya marmer itu sendiri di masa lalu yang berproses dari panas di dalam inti bumi. Marmer akan meminimalisir risiko kebakaran.

Demikianlah motif marmer pada pilar dan keunggulannya, semoga bermanfaat untuk rumah Anda.

Motif Marmer pada Pilar dan Keunggulannya untuk Bangunan Rumah

Post a Comment

About Us

JOGJA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *