10 Cara Membersihkan Ubin Marmer yang Mudah Dilakukan - Jogja Marmer, Jogja Granit, Marmer Yogyakarta, Lantai Granit, Ubin Marmer, Motif Marmer pada Pilar
true

10 Cara Membersihkan Ubin Marmer yang Mudah Dilakukan

Cara membersihkan ubin marmer yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan obat pembersih marmer khusus. Cairan tersebut tidak mengandung zat asam yang bisa mengikis permukaan marmer. Namun, ada juga beberapa bahan sederhana yang bisa digunakan untuk membersihkan ubin marmer. Berikut penjelasannya.
Cara Membersihkan Ubin Marmer
1.      Amonia
Cara membersihkan marmer yang aman adalah dengan menggunakan larutan yang bersifat basa. Hal ini dikarenakan larutan basa akan menetralisir marmer. Larutan amonia adalah larutan basa yang bisa dibuat dengan cara mencampurkan 1 sendok makan amonia dengan 1 gelas air bersih. Aduk kedua bahan tersebut dan gunakan pada ubin marmer dengan cara diusap secara halus. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih dan segera keringkan dengan kain pel kering yang seratnya halus. Amonia ini juga ampuh untuk membersihkan noda lemak dan juga minyak.
2.      Baking soda
Soda kue atau baking soda juga merupakan bahan yang bersifat basa. Baking soda bisa membersihkan permukaan ubin marmer. Cara membersihkan marmer dengan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga terbentuk larutan. Aduk larutan dan aplikasikan larutan tersebut pada permukaan ubin marmer. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan segera keringkan agar tidak ada bekas yang tertinggal.
3.      Bedak tabur
Bedak tabur adalah bahan yang sederhana untuk membersihkan ubin marmer dari noda yang berceceran, terutama noda minyak. Bedak tabur yang bisa menyerap minyak dan lemak bisa ditaburkan pada area yang kotor. Diamkan beberapa saat hingga minyak tersebut meresap pada bedak. Setelah selesai, angkat bedak tabur dengan menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada sisa atau bekas yang tertinggal. Jika sudah selesai, keringkan secepatnya.
4.      Cairan H2O2
Cairan kimia yang satu ini adalah cairan yang sangat ampuh untuk membersihkan ubin marmer. Namun, karena termasuk cairan yang cukup berbahaya, gunakan cairan ini hanya ketika ada noda yang sangat sulit dibersihkan saja. Jangan sampai larutan ini terkena kulit karena akan menyebabkan iritasi. Cara menggunakannya untuk membersihkan ubin marmer adalah dengan meneteskannya pada area ubin yang terkena noda membandel, tutupi dengan kain atau tissue, lalu diamkan beberapa jam. Setelah noda bisa terangkat, bilas dengan air dan keringkan.
5.      Cairan pembersih mamer khusus
Cairan pembersih marmer juga ada yang dijual di pasaran. Gunakan cairan tersebut dengan cara yang tepat dan sesuai dengan aturan yang tertera di masing-masing kemasan. Gunakan kain mikrofiber untuk mengaplikasikan obat pembersih marmer ini. Keringkan setelah proses pembersihan.
6.      Deterjen cair
Deterjen cair pembersih pakaian bisa juga digunakan sebagai bahan pembersih ubin marmer yang cukup mudah didapatkan. Selain itu, deterjen cair juga aman digunakan. Namun, beberapa deterjen cair bisa menyebabkan bekas pada permukaan ubin marmer. Oleh karena itu, setelah proses pembersihan, pastikan untuk membilas ubin secara benar-benar bersih. Cara membersihkan ubin marmer dengan deterjen cair adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh deterjen dengan 1 gelas air bersih. Gunakan larutan deterjen itu untuk membasuh permukaan marmer. Bilas dan keringkan setelah bersih agar tidak ada bekas yang tertinggal.
7.      Jeruk nipis dan garam
Jeruk nipis dan garam adalah perpaduan dua bahan alami yang memang biasa digunakan untuk membersihkan porselin dan keramik. Dua bahan ini ternyata juga aman untuk membersihkan ubin marmer. Apalagi jika pada ubin ada noda yang sulit untuk dihilangkan. Caranya adalah dengan mengusap bagian yang terkena noda dengan garam dan jeruk nipis. Bisa juga dengan membuat larutan garam yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Usap dengan kain yang lembut. Jika sudah bersih, bilas permukaan ubin dengan air dan keringkan segera.
8.      Larutan natrium bikarbonat
Natrium bikarbonat adalah bahan kimia yang aman untuk membersihkan ubin marmer. Bahan ini juga mudah didapatkan di toko-toko kimia. Cara membersihkan marmer dengan bahan ini adalah dengan membuat larutan natrium bikarbonat (mencampurkan dengan air). Gunakan larutan itu untuk mengusap bagian lantai yang bernoda atau bagian lantai yang ingin dibersihkan. Bilas dengan air dan keringkan. Untuk noda membandel, tunggu beberapa saat sebelum membilas dengan air. Tujuannya agar kotoran bisa terangkat dengan mudah.
9.      Pemutih pakaian
Cara membersihkan lantai marmer dengan pemutih pakaian juga cukup aman untuk dilakukan, asalkan selalu dibilas dan dikeringkan setelah proses pembersihan. Caranya adalah dengan mengusapkan larutan pemutih pakaian yang sudah diencerkan dengan air. Setelah noda hilang, bilas dan keringkan.
10.  Sabun cuci piring
Sabun cuci piring yang mudah ditemui ini juga ampuh untuk membersihkan ubin marmer. Caranya adalah dengan membuat larutan dengan bahan sabun pencuci piring dan air bersih. Usap larutan tersebut pada ubin, dan bilas setelah selesai. Keringkan dengan kain lembut.

Itulah 10 cara membersihkan ubin marmer yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat.
10 Cara Membersihkan Ubin Marmer yang Mudah Dilakukan

Post a Comment

About Us

JOGJA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Hubungi Kami

Name

Email *

Message *