Petunjuk Cara Kristalisasi Marmer Agar Mengkilat - Jogja Marmer, Jogja Granit, Marmer Yogyakarta, Lantai Granit, Ubin Marmer, Motif Marmer pada Pilar
true

Petunjuk Cara Kristalisasi Marmer Agar Mengkilat

Cara kristalisasi marmer perlu untuk dilakukan agar batuan alam tersebut kelihatan mengkilat. Marmer sendiri diambil dari batuan gamping yang mengalami proses metamorfosis kemudian ditambang dalam bentuk blok lalu diolah sedemikian rupa agar siap dipakai dalam bagian-bagian rumah seperti dinding maupun lantai. Karena marmer awalnya adalah batuan alam, membuat marmer mempunyai tampilan yang sedikit kusam. Oleh sebab itu diperlukan upaya pengkristalan agar marmer nampak mengkilap dan membawa kesan yang lebih mewah serta anggun. Berikut ini cara melakukan kristalisasi marmer yang penting untuk diketahui.
Tahapan cara kristalisasi marmer yang bisa Anda lakukan
Memang biasanya pengerjaan semacam ini dilakukan oleh mereka yang sudah profesional/ ahli di bidangnya. Namun, tak ada salahnya Anda juga mengetahui cara kristalisasi marmer agar mengkilat melalui informasi berikut:
Bahan dan alat yang harus dipersiapkan:
  • Bubuk marmer
  • Mesin floor polisher
  • Pad holder
  • Mesin vacuum basah dan kering (pakai wet noozle)
  • Kabel sambung
  • Tapas
  • Floor squeegee
  • Lap majun
  • Rantai plastic
  • Pad merah
Setelah yakin semua bahan dan alat disiapkan, maka ikuti langkah kristalisasi marmer ini:
1.      Anda bisa meletakkan warning sign (tanda peringatan) terlebih dahulu sebelum mulai bekerja gunanya agar orang tahu dan lebih hati-hati agar tidak melalui atau berjalan di pengerjaan marmer.
2.      Pertama-tama buatlah campuran obat pengkilap marmer yang terdiri dari bubuk marmer dicampur dengan air secukupnya sesuai dengan petunjuk penggunaan. Setelah itu aduklah bahan tersebut agar bercampur rata.
3.      Berikutnya tuang sedikit demi sedikit obat tersebut ke atas lantai marmer yang ingin dikilapkan/ dikristalkan. Ingat penuangan obat harus dilakukan secara hati-hati sedikit-sedikit sesuai tahapan area Anda ingin bekerja.
4.      Ambil mesin floor polisher serta pad merah Anda lalu mulai nyalakan dan poles marmer tersebut dari kiri kemudian ke kanan bergantian. Pastikan pengerjaan merata serta tumpang tindih berulang-ulang. Tuanglah adukan obat polesan marmer tersebut ke lantai marmer dan ulangi gerakan yang sama sampai didapatkan tingkat mengkilap yang sudah sesuai dengan keinginan.
5.      Langkah pembersihan perlu dilakukan setelah Anda yakin lantai marmer sudah mengkilap. Gunakan mesin floor polisher, pad merah, serta air bersih untuk membersihkan sisa-sisa bubuk marmer yang ada di lantai. Pastikan semuanya hilang dan bersih dari permukaan.
6.      Lantai harus dikeringkan agar orang yang lalu lalang tidak terpeleset. Gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan lantai dan menghisap air yang ada. Setelah itu, lantai marmer sudah selesai dikristalisasi dan akan nampak lebih mengkilat dari sebelumnya.
7.      Petunjuk setelah selesai melakukan pengerjaan kristalisasi marmer:
-          Pastikan bahwa baik di lantai serta dinding marmer tidak ada obat bubuk marmer yang tersisa
-          Gulung semua kabel mesin yang tadi dipakai baik mesin floor polisher maupun mesin vacuum-nya.
-          Pastinya Anda sudah menyingkirkan semua perabotan sebelum melakukan pengerjaan, jadi setelah selesai harap semuanya dikembalikan ke posisi semula
-          Bawa semua mesin dan peralatan yang sudah dipakai kemudian bersihkan, keringkan, dan simpan di tempat yang aman.
Akan sangat baik jika cara pengkristalan di atas dilakukan setelah lantai marmer sudah distripping demi memastikan bahwa lantai marmer tersebut benar-benar bersih. Agar hasilnya lebih maksimal dan lantai marmer tetap terjaga kilaunya, maka lebih baik lakukan pekerjaan tersebut di atas sekitar 6 bulan sekali. Dan jika perlu lakukan dry-buffing setelah melakukan pengerjaan di atas.
Jika Anda merasa pengerjaan di atas terlalu rumit, bahkan kalau Anda tidak memiliki mesin yang diperlukan untuk pengerjaan kristalisasi marmer ini, maka jalan satu-satunya adalah memanggil jasa profesional untuk melakukan pekerjaan tersebut. Saat ini ada banyak sekali jasa kristalisasi marmer yang menawarkan bantuan pengerjaan pemolesan lantai dan dinding marmer agar tampilan marmer kembali seperti semua yaitu bersih, mengkilat, serta terawat. Yang pasti, pengerjaan pengkristalan lantai marmer ini harus diperlukan apalagi jika bagian yang memakai bahan marmer di rumah atau bangunan Anda sangat besar atau lumayan banyak dan tidak hanya sebagian ruangan saja.
Keunggulan dari melakukan kristalisasi pada marmer
Selain agar marmer nampak tetap berkilau/ mengkilat sepanjang waktu dan tidak nampak kusam, keunggulan dari dilakukannya kristalisasi pada marmer ialah membuat warna asli batu marmer kembali seperti semula serta membuat permukaannya keras tiada banding. Selain itu, pengkristalan juga bermanfaat untuk menghindari noda yang ada sebab resapan kimiawi yang terjadi akibat proses pengerjaan kristal tersebut mampu membuat lapisan film sebagai pelindung permukaan marmer. Pelindung ini juga dapat membuat lantai berbahan marmer menjadi anti debu serta anti slip. Cara kristalisasi marmer membuat perawatan lantai menjadi lebih mudah. Cara kristalisasi marmer di atas dapat dilakukan baik pada lantai marmer eksterior maupun interior rumah.
Petunjuk Cara Kristalisasi Marmer Agar Mengkilat

Post a Comment

About Us

JOGJA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Hubungi kami